Minggu, 20 Oktober 2013

Memahami Arti Etika Berbisnis


 
Etika bisnis dalam perusahaan memiliki peran yang sangat penting, yaitu untuk membentuk suatu perusahaan yang kokoh dan memiliki daya saing yang tinggi serta mempunyai kemampuan menciptakan nilai yang tinggi. Biasanya dimulai dari perencanaan strategi, organisasi yang baik, sistem prosedur yang transparan didukung oleh budaya perusahaan yang handal serta etika perusahaan yang dilaksanakan secara konsisten dan konsekuen.
Tidak bisa dipungkiri, tindakan yang tidak etis yang dilakukan oleh perusahaan akan memancing tindakan balasan konsumen dan masyarakat dan akan sangat kontra produktif, misalnya melalui gerakan pemboikotan, larangan beredar, larangan beroperasi dan lain sebagainya. Hal ini akan dapat menurunkan nilai penjualan maupun nilai perusahaan. Sedangkan perusahaan yang menjujung tinggi nilai-nilai etika bisnis, misalnya diskriminasi dalam sistem remunerasi atau jenjang karier. Perlu dipahami, karyawan yang berkualitas adalah aset yang paling berharga bagi perusahaan. Oleh karena itu, perusahaan harus semaksimal mungkin harus mempertahankan karyawannya.
Membicarakan etika bisnis didalam perusahaan tidak lengkap apabila kita belum mengetahui arti dari etika bisnis itu sendiri. Etika berasal dari kata yunani ‘Ethos’, berarti adat istiadat. Etika berkaitan dengan kebiasaan hidup yang baik, baik pada diri seseorang pada suatu masyarakat. Sedangkan bisnis itu dapat diartikan adalah suatu organisasi yang menghasilkan dan menjual produk atau jasa yang dibutuhkan konsumen pada tingkat keutungan tertentu. Dengan demikian dapat disumpulkan bahwa etika bisnis adalah suatu sikap didlam berbisnis dimana kebiasaan hidup yang baik terdapat didalamnya, cara bagaimana pada saat proses menghasilkan dan menyalurkan produk atau jasa yang dibutuhkan konsumen harus dengan cara baik.
 Etika berbisnis yang baik juga tidak terlepas dari bagaimana sikap seorang atasan atau bos atau pemimpin suatu perusahaan memperlakukan karyawannya. Seorang pemimpin tidak boleh berkata sembarangan terhadap bawahannya, dengan menghormati satu sama lain maka hal tersebut dapat mengurangi perpecahan dalam berbisnis. Etika bisnis sangat penting untuk mengontrol semua yang terjadi di perusahaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar